Baca Novel Online

The Da Vinci Code

Ketika Langdon selesai menjelaskan, tiba-tiba tarikan wajahnya tampak tegang. “Robert? Kau baik-baik saja?” Matanya melebar melihat kotak kayu mawar itu. “Sub … rosa,” dia tercekat. Kebingungan yang menakutkan menyapu wajahnya. “Tidak mungkin.” “Apa?” Perlahan Langdon menaikkan matanya. “Di bawah tanda mawar,” dia berbisik.“Cryptex ini … kupikir aku tahu ini apa.”

 

48

LANGDON HAMPIR tak dapat mempercayai pikirannya sendiri. Namun, mengingatsiapa yang telah memberikan batu silinder ini,bagaimana dia telah memberikannya kepada mereka, dan sekarang, ukiran Mawar pada kotak itu, Langdon hanya dapat merumuskan satu kesimpulan. AkusedangmemegangbatukunciBiarawan. Legenda itu begitu spesifik. Batu kunci adalah sebuah batu bersandi yang terletak di bawah tanda

Mawaritu. “Robert?” Sophie menatapnya. “Ada apa?” Langdon perlu beberapa saat untuk menyusun pemikirannya. “Apakah

kakekmu pernah berbicara denganmu tentang laclefdevoute?” “Kunci pembuka lemari besi?” Sophie menerjemahkan. “Bukan, itu terjemahan harfiah. Clef de voute adalah istilah arsitektur biasa. Voute tidak ada hubungannya dengan ruang besi bank, tetapi dengan kolong di bawah atap yang melengkung. Seperti langit-langitberkubah.” “Tetapi langit-langit berkubah tidak memerlukan kunci.” “Sebenarnya memerlukan. Setiap kubah batu memerlukan sebuah pusat, batu berbentuk irisan pada puncak yang mengunci potongan-potongannya sehingga menyatu dengan kuat dan.menahan semua bebannya. Batu ini, di dunia arsitektur, merupakan kunci kubah itu. Dalam bahasa Inggris, kami menyebutnya keystone, batu kunci.” Langdon menatap mata Sophie, mencari cahaya pengertian.

Sophie menggerakkan bahunya, melihat ke bawah pada cryptex itu. “Tetapi ini sama sekali bukan batu kunci.”

Langdon tidak tahu harus mulai dari mana. Batu kunci sebagai teknik untuk membangun kubah barn telah merupakan salah satu rahasia yang paling terjaga dari zaman persaudaraan Masonic. Tingkat Kelengkungan Istana. Arsitektur. Batu Kunci. Semua itu saling berkaitan. Pengetahuan rahasia tentang bagaimana menggunakan sebuah batu kunci beririsan untuk membuat kubah adalah bagian dari kearifan yang telah menjadikan anggota Mason sebagai tukang-tukang yang ahli, dan rahasia itu sangat dijaga. Batu kunci selalu mempunyai tradisi kerahasiaan. Namun, batu silinder di dalam kotak kayu mawar itu jelas berbeda. Batu kunci Biarawan—jika ini memang yang mereka pegang sekarang—tidak seperti yang dibayangkan Langdon.

“Batu kunci Biarawan bukan keahlianku,” Langdon mengaku. “Ketertarikanku pada Grail hanya sebatas simbolisasinya. Jadi aku cenderung mengabaikan cerita-cerita berlebihan tentang bagaimana sesungguhnya menemukan benda itu.” Alis Sophie terangkat.“Menemukan Holy Grail?” Langdon mengangguk ragu, lalu berkata dengan hati-hati. “Sophie, menurut adat Biarawan, batu kunci merupakan sebuah peta berkode … sebuah peta yang mengungkap tempat disembunyikannya Holy Grail.” Wajah Sophie memucat. “Dan, kaupikir ini adalahpetaitu?” Langdon tidak tahu apa yang harus dikatakannya. Bahkan baginya, itu tampak tidak masuk akal. Namun batu kunci merupakan satu-satunya kesimpulan logis yang dapat ditariknya.Sebuahbatuberkode,tersembunyidi bawahgambarMawar.

Gagasan bahwa cryptex dirancang oleh Leonardo da Vinci—mantan Mahaguru Biarawan Sion—menyorotkan petunjuk lain yang menggoda, bahwa ini memang batu kunci Biarawan. Sebuah cetak biru milik mantan mahaguru … dihidupkan kembali oleh anggota Biarawan yang lainnya. Kaitan itu terlalu gamblang untuk dinafikan.

Dalam sepuluh tahun terakhir, para ahli sejarah mencari batu kunci itu di gereja-gereja Prancis. Para pencari Grail telah menyimpulkan bahwalaclefde voute adalah benar-benar sebuah batu kunci—batu iris dalam istilah arsitektur—sebuah batu yang dipahat dengan tulisan dan disisipkan ke dalam atap kubah sebuah gereja.DibawahtandaMawar. Dalam arsitektur, tidak ada kekurangan pada mawar. Jendela mawar. Relief mawar. .Dan, tentu saja, sebuah cinquefoils—bunga berhias lima kelopak yang sering ditemukan di puncak kubah, tepat di atas batu kunci. Tempat tersembunyi itu tampaknya sangat sederhana. Peta menuju Holy Grail itu diletakkan sangat tinggi di kubah pada gereja tua yang terlupakan, mengejek para jemaat gereja yang buta yang berlalu-lalang di bawahnya.

“Cryptex ini tidak mungkin batu kunci itu,” bantah Sophie. “Tidak cukup tua. Aku yakin, ini buatan kakekku. Tidak mungkin merupakan bagian dari legenda Grail.”

“Sebetulnya,” Langdon menjawab, merasa tergelitik karena kegembiraan beriak di dalam benaknya. “batu kunci itu dipercaya baru dibuat oleh Biarawan mungkin dua dekade yang lalu.”

Mata Sophie berkilat tak percaya. “Tetapi jika cryptex ini akan mengungkap tempat persembunyian Holy Grail, mengapa kakekku memberikannya kepadaku? Aku tidak tahu bagaimana membukanya atau harus kuapakan. Aku bahkan tidak tahu apa itu Holy Grail.” Langdon terkejut juga ketika dia tahu Sophie benar. Dia belum punya kesempatan untuk menjelaskan kepada Sophie tentang apa Holy Grail itu sesungguhnya. Cerita itu harus ditunda. Saat ini, mereka memusatkan perhatian pada batu kunci itu. Jikainimemangitu…. Di antara suara derum roda tahan peluru di bawah mereka, Langdon dengan cepat menjelaskan kepada Sophie semua yang pernah didengarnya tentang batu kunci itu. Kata orang, selama berabad-abad, rahasia terbesar Biarawan—yaitu lokasi Holy Grail—tak pernah tertulis. Demi keamanan, rahasia itu selalu diwariskan secara lisan kepada sénéchal penerus dengan upacara rahasia. Namun, selama abad terakhir ini, mulai ada bisik-bisik bahwa peraturan Biarawan telah berubah. Mungkin itu disebabkan oleh kemampuan alat elektronik baru untuk menyadap. Anggota Biarawan bersumpah tidak akan pérnah lagi membicarakan tempat penyimpanan suci itu. “Lalu bagaimana mereka mewariskan rahasia itu?” Tanya Sophie. “Dari situlah batu kunci itu berasal,” Langdon menjelaskan “Ketika satu dari empat anggota tertinggi meninggal, tiga yang tersisa akan memilih anggota dari lapisan di bawahnya, menjadi calon berikutnya untuk dinaikkan menjadiseneschal, prajurit baru. Alih-alihmemberitahukan kepadasénéchal baru itu tempat Grail disembunyikan, mereka memberinya sebuah ujian yang dengan itu ia bisa membuktikan bahwa ia benar-benar pantas.

Sophie tampak bingung dengan ini, dan Langdon tiba-tiba ingat bagaimana kakek Sophie selalu membuat perburuan karun bagi cucunya—preuves de mérite. Diakui, batu kunci itu merupakan konsep yang sama. Lagi pula, ujian semacam itu sangat biasa dilakukan dalam perkumpulan rahasia. Yang paling terkenal adalah kelompok Mason. Anggotanya baru dinaikkan ke tingkat yang lebih tinggi setelah terbukti mampu menjaga rahasia serta menempuh ritualritual dan ujian kepatutan selama bertahun-tahun. Tugas-tugas itu semakin sulit hingga mencapai puncaknya dengan pelantikan calon yang berhasil sebagai anggota Mason tingkat ke-32.

“Jadi, batu kunci itu merupakan sebuah preuve de mérite, bukti kepatutan.” kata Sophie. dapat membuka cryptex “Jika seorang seneschal ini, dia membuktikan Biarawan yang naik itu dirinya layak untuk mendapatkan informasi yang berada di dalamnya.

Langdon mengangguk. “Aku lupa, kau sudah berpengalaman dengan hal seperti ini.”

“Tidak hanya dengan kakekku saja. Dalam kriptologi, tes itu djsebut ‘bahasa swaotorisasi’. Artinya, jika kau cukup pandai untuk membacanya, kau diizinkan untuk tahu apa yang dikatakannya.”

Langdon ragu-ragu sesaat. “Sophie, jika ini memang batu kunci itu, akses kakekmu terhadapnya menyiratkan bahwa dia sangat berkuasa di Biarawan Sion. Mungkin saja dia salah satu dari empat anggota tertinggi itu.”

Categories:   Fiksi

Comments

  • Posted: November 14, 2015 16:43

    anjarsaridwi

    The da vinci code....wajib dibaca.
  • Posted: January 24, 2016 19:01

    WayZone

    good, unbelieveble, abis ini ada yg mempermasalahkan agama lain ngga ya?
  • Posted: March 3, 2016 07:37

    fida kurnia

    update yang bayak dong novelnya....
  • Posted: December 7, 2017 14:46

    Adam

    Novel Luar Biasa. Walaupun penerjemahannya banyak kesaahan editing.. tapi masih tetap menyajikan sebuah kisah semi nyata sekaligus semi fiksi yang mendebarkan. Saluut to Dan Brown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.