Baca Novel Online

The Da Vinci Code

“Aku sudah mencoba untuk memperingatkanmu,” teriak Langdon di antara suara gemeletik gigi mobil. “Aku biasa mengemudi mobil otomatis!”

 

39

Walau kamar spartannya di rumah di Jalan Rue La Bruyère telah menjadi saksi atas banyak penderitaan, Silas merasa tak penderitaan yang sekarang mencengkeram Semuanyahilang. ada yang dapat menandingi tubuh pucatnya. Aku ditipu. Silas telah terperdaya. Para anggota persaudaraan ituu telah berbohong. Mereka memilih mati daripada membuka rahasia yang sebenarnya. Silas tidak punya kekuatan untuk menelepon Guru. Bukan saja dia telah membunuh keempat orang terakhir yang tahu di mana kunci itu disembunyikan, tetapi juga telah membunuh seorang biarawati di SaintSulpice. Dia bekerja melawan Tuhan! DiamengejekpekerjaanOpusDei! Kematian perempuan itu telah sangat mempersulit persoalan. Uskup Aringarosa telah menelepon, yang memungkinkan Silas diizinkan ke SaintSulpice; apa pendapatabbé ketika dia tahu seorang biarawatinya tewas? Walau Silas telah membaringkan biarawati itu kembali di atas tempat tidurnya, namun luka di kepalanya sangat jelas terlihat. Silas juga bermaksud merapikan kembali lantai keramik yang pecah, namun kerusakan itu juga terlalu parah. Mereka akan tahu bahwa seorang telah datang ke situ.

Silas telah berencana untuk bersembunyi di dalam Opus Dei ketika tugasnya di sini telah selesai.UskupAringarosaakanmelindungiku. Silas tak dapat membayangkan adanya kehidupan yang lebih bahagia daripada kehidupan yang berisi meditasi dan doa, jauh di dalam dinding-dinding kantor pusat Opus Dei New York City. Dia tidak akan pernah keluar lagi. Segala yang dibutuhkannya ada di rumah itu. Tak seorang pun akan merasa kehilangan aku. Sialnya, Silas tahu, seorang uskup besar seperti Aringarosa tidak dapat menghilang begitu saja.

Aku telah membahayakan uskup itu. Silas menatap kosong pada lantai itu dan berpikir untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Lagi pula, bukankah Aringarosa yang memberinya hidup dulu…di sebuah rumah pendeta yang kecil di Spanyol, dengan mendidiknya dan memberinya tujuan hidup.

“Kawanku,” Aringarosa berkata padanya. “kaulahir sebagai seorang albino. Jangan biarkan seorang pun membuatmu malu karenanya. Kau tidak tahu betapa khususnya kau karena keadaanmu ini? Apakah kau tidak tahu bahwa Nuh sendiri juga albino?” “Nabi Nuh?” Silas tidak pernah mendengar hal itu. Aringarosa tersenyum. “Betul. Nabi Nuh. Seorang albino. Seperti dirimu, dia berkulit putih seperti malaikat. Ingat ini. Nuh menyelamatkan seluruh kehidupan di planet ini. Kau ditakdirkan untuk mengerjakan hal-hal penting, Silas. Tuhan telah membebaskanmu dengan satu alasan. Kau mendapat panggilan. Tuhat memerlukan bantuanmu untuk melaksanakan pekerjaan-Nya.

Setelah itu, Silas belajar untuk memandang dirinya dalam sinar baru. Aku murni.Putih.Indah.Sepertimalaikat.

Pada saat itu, walau dia berada di dalam kamarnya dirumah itu, suara ayahnyalah yang berbisik dari masa lalu. Tuesundesastre.Unspectre. (Kau adalah malapetaka. Hantu) Sambil berlutut di atas lantai kayu, Silas berdoa memohon ampun. Kemudian, setelah menanggalkan jubahnya, dia meraih lagi disiplin itu.

 

40

LANGDON MASIH berkutat dengan pergantian gigi, namun akhirnya dia dapat mengendalikan taksi rampasan itu melaju, menjauh dari Bois de Boulogne. Dia hanya mengalami mati mesin dua kali. Sialnya, kelucuan yang melekat pada keadaan ini dibayangi oleh pangkalan pusat taksi yang terus memanggil-manggil taksi mereka yang bernomor 563 melalui radio dan minta dijawab segera. “Voiturecing-six-trois.Ou êtes-vous?Repondez!” Ketika Langdon tiba di pintu keluar taman, dia menelan kelaki-lakiannya

dan mengerem mobllnya. “Sebaiknya kau saja yang mengemudi.” Sophie tampak lega ketika dia akhirnya duduk di belakang kemudi. Dalam beberapa detik saja dia telah membuat mobil itu menderum halus ke arah barat di sepanjang Allee de Longchamp, meninggalkan Taman Kenikmatan Duniawi di belakang.

“Ke arah mana Rue Haxo?” Tanya Langdon, melihat Sophie yang menaikkan jarum speedometer hingga lebih dari seratus kilometer per jam.

Mata Sophie tetap terpusat pada jalan. “Pengemudi taksi tadi mengatakan bahwa jalan itu berdekatan dengan stadion tenis Roland Garros. Aku tahu daerah itu.”

Langdofl mengeluarkan lagi kunci berat itu dari sakunya, merasakan beratnya pada telapak tangannya. Dia tahu, benda itu merupakan objek penuh risiko. Sangat mungkin itu merupakan kunci bagi kebebasannya sendiri.

Beberapa saat sebelum ini, ketika dia menceritakan kepada Sophie soal Templar, Langdon telah menyadari bahwa kunci ini, selain mempunyai segel embos Biarawan di atasnya, juga memiliki suatu ikatan lain yang lebih halus dengan Biarawan Sion. Palang dengan lengan seimbang merupakan simbol dari keseimbangan dan harmoni, namun juga simbol dari Templar. Semua orang telah melihat lukisan Templar yang mengenakan tunik putih dengan hiasan palang berlengan seimbang berwarna merah. Memang, lengan-lengan palang Templar sedikit melebar pada setiap ujungnya, namun semuanya tetap memiliki panjang yang sama. Salibpersegi.Betul-betulsepertikunciini. Langdon merasa khayalannya mulai menjadi liar ketika dia membayangkan apa yang mungkin mereka temukan nanti.HolyGrail. Dia hampir saja tertawa terbahak membayangkan keanehan itu. Grail dipercaya berada di suatu tempat di Inggris, terkubur di sebuah kamar tersembunyi, di bawah salah satu dari banyak gereja Templar. Grail telah disembunyikan di sana paling tidak sejak tahun 1500.

EraMahaguruDaVinci. Untuk menjaga keamanan dokumen-dokumen berkekuatan itu, Biarawan telah terpaksa memindahkannya berulang-ulang pada abad-abad awal. Kini para ahli sejarah menduga bahwa Grail telah pernah dipindahkan sebanyak enam kali ke tempat-tempat yang berbeda sejak kedatangannya di Eropa dari Jerusalem. “Penampakan” Grail yang terakhir adalah pada tahun 1447, ketika sejumlah saksi menggambarkan sebuah kebakaran yang terjadi dan hampir menelan dokumen-dokumen itu sebelum semuanya dibawa tempat aman dalam empat peti besar yang masing-masing memerlukan enam orang untuk menggotongnya. Setelah itu tak seorang pun pernah mengaku melihat Grail lagi. Yang tersisa adalah bisik-bisik bahwa Grail tersembunyi di Inggris Raya, negeri Raja Arthur dan Kesatria Meja Bundar. Di mana pun itu, ada dua fakta yang tertinggal: LeonardotahudimanaGrailberadaselamamasahidupnya. Tempatpersembunyianitumungkintidakberubahhinggakini. Karena alasan ini, orang-orang yang berminat pada Grail masih mempelajari dengan tekun karya-karya seni Da Vinci dan buku hariannya dengan harapan mendapat petunjuk rahasia tentang tempat penyimpanan Grail sekarang. Beberapa orang menyatakan bahwa pegunungan di latar belakang lukisanMadonna oftheRocks sesuai dengan topografi dari serangkaian gua di perbukitan di Skotlandia. Yang lainnya yakin bahwa penempatan yang mencurigakan dari para murid di lukisanTheLastSupper merupakan semacam kode. Namun ada juga yang menyatakan bahwa hasil sinar X padaMonaLisa mengungkap bahwa perempuan itu memang telah dilukis mengenakan leontin berbatu berlapis lazuli milik Isis—sebuah detail yang konon ditambahkan belakangan oleh Da Vinci pada lukisan tersebut. Langdon belum pernah melihat bukti leontin itu. Dia juga tidak dapat membayangkan bagaimana semua itu dapat mengungkap keberadaan Holy Grail. Namun, pencinta Grail masih tetap mendiskusikannya adnauseam melalui media buletin internet dan ruang-ruang percakapan maya di seluruh dunia. Semuaorangsukakonspirasi. Dan, teori konspirasi itu terus berdatangan. Yang paling baru, tentu saja, merupakan penemuan yang menggemparkan bahwa lukisan Da Vinci yang terkenal,AdorationofMagi, menyembunyikan rahasia gelap di bawah lapisan catnya. Pendiagnosa seni Italia, Maurizio Seracini, telah menyingkap kebenaran yang belum pasti itu. New York Times Magazine memuat cerita yang menghebohkan itu dengan judul “The Leonardo Cover-Up”.

Categories:   Fiksi

Comments

  • Posted: November 14, 2015 16:43

    anjarsaridwi

    The da vinci code....wajib dibaca.
  • Posted: January 24, 2016 19:01

    WayZone

    good, unbelieveble, abis ini ada yg mempermasalahkan agama lain ngga ya?
  • Posted: March 3, 2016 07:37

    fida kurnia

    update yang bayak dong novelnya....
  • Posted: December 7, 2017 14:46

    Adam

    Novel Luar Biasa. Walaupun penerjemahannya banyak kesaahan editing.. tapi masih tetap menyajikan sebuah kisah semi nyata sekaligus semi fiksi yang mendebarkan. Saluut to Dan Brown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.