Baca Novel Online

Digital Fortress

Saat Bnnkerhoff mulai menggarap berkas-berkas itu dan memeriksa MCD harian, bayangan Garmen Huerta yang membalur dirinya dengan madu dan gula kue mulai bermain di dalam kepalanya. Tiga puluh detik kemudian, dia hamper selesai. Data Crypto sempurna seperti biasanya.

Tetapi persis sebelum pindah ke laporan lain, sesuatu menarik perhatian Bnnkerhoff. Pada bagian bawah laporan Crypto itu, MCD terakhir melewati baris. Angka itu begitu besar hingga mengambil tempat di dalam kolom berikutnya. Ini membuat laporan itu menjadi berantakan. Bnnk e rh o f f menatap angka itu dengan terkejut.

999.999.999? Brinkerhoff terengah. Satu miliar dolar? Bayangan Garmen segera hilang. Sebuah kode seharga satu miliar dolar?

Brinkerhoff terduduk lumpuh untuk beberapa saat. Kemudian dengan panik, dia berlari ke lorong. “Midge. Kembali.”

***

44

CHARTRUKIAN BERDIRI dengan marah di dalam laboratorium Sys-Sec. Kata-kata Strathmore bergaung kembali di dalam kepalanya: Pulang sekarang! Ini perintah! Dia menendang sebuah tong sampah dan mengutuk di dalam laboratorium kosong itu.

“Tes diagnostik dengkul! Sejak kapan seorang wakil direktur memotong jalan penyaring Gauntlet!?”

Para petugas Sys-Sec digaji dengan baik untuk melindungi sistem komputer di NSA, dan Chartrukian tahu bahwa hanya ada dua persyaratan kerja di NSA: jadilah secemerlang mungkin dan berlaku seperti seorang paranoid.

Setan, kutuk Chartrukian, ini bukan sekadar paranoia! Run-Monitor sialan itu menunjukkan waktu delapan belas jam!

Itu karena virus. Chartrukian bisa menduganya. Dia hampir pasti tentang apa yang sedang terjadi: Strathmore telah secara tidak sengaja memotong jalan penyaring Gauntlet, dan sekarang sang komandan berusaha menutupinya dengan cerita yang tidak meyakinkan tentang sebuah tes diagnostik.

Chartrukian tidak akan begitu kesal jika hanya TRANSLTR yang menjadi perhatiannya. Kenyataannya tidak begitu. Walaupun para kriptografer percaya Gauntlet dibuat hanya dengan tujuan melindungi mahakarya pemecah kode mereka, petugas Sys-Seclah yang tahu kebenarannya. Penyaring Gauntlet melayani sesuatu yang jauh lebih penting: bank data utama NSA.

Sejarah di balik pembuatan bank data tersebut selalu membuat Chartrukian takjub. Internet merupakan sesuatu yang sangat berharga dan akhirnya menarik perhatian sector swasta walaupun Departemen Pertahanan berusaha menahan penggunaan internet untuk mereka sendiri. Pada akhirnya, universitas-universitas ikut menggunakan internet. Tidak lama setelah itu, server-server swasta bermunculan. Bendungannya jebol sehingga meluaplah pengguna-pengguna publik. Menjelang awal 90-an, internet pemerintahan yang pernah terjaga dengan aman menjadi sebuah tempat sampah yang penuh dengan email publik dan pornografi dunia maya.

Setelah terjadi beberapa penyusupan komputer yang berbahaya (dan yang tidak dipublikasikan) di Kantor Intelijen Angkatan Laut, semakin jelaslah bahwa rahasia-rahasia pemerintah tidak lagi aman disimpan dalam komputer yang terhubung ke sambungan internet yang semakin berkembang. Presiden, bekerja sama dengan Departemen Pertahanan, mengeluarkan sebuah peraturan rahasia yang mendukung sebuah jaringan baru yang aman untuk menggantikan jaringan internet yang sudah tercemar dan berfungsi sebagai penghubung antara badan-badan intelijen AS. Untuk mencegah penyerobotan lebih jauh terhadap rahasia pemerintahan, semua data yang sensitif akan dipindahkan ke sebuah lokasi yang mempunyai tingkat keamanan tinggi—bank data NSA yang baru saja dibuat—mirip sebuah Fort Knox untuk data intelijen AS.

Secara harfiah, jutaan foto, rekaman suara, dokumen, dan video yang paling dirahasiakan di AS diubah ke bentuk digital dan dipindahkan ke fasilitas penyimpanan yang besar itu. Kemudian, semua salinan dalam bentuk lain dihancurkan. Bank data tersebut dilindungi oleh sumber tenaga cadangan sebanyak tiga lapis dan sebuah sistem penopang digital yang bertingkat. Bank data itu berada 214 kaki di bawah tanah agar terlindung dan medan magnet dan kemungkinan ledakan lainnya. Segala kegiatan di ruang kendali berstatus Top Secret Umbra … tingkat keamanan tertinggi di negara itu.

Rahasia-rahasia negara belum pernah seaman sekarang. Bank data yang tak bisa ditembus ini memuat cetak biru dan senjata-senjata canggih, daftar saksi yang dilindungi, nama samaran para petugas lapangan, analisis-analisis dan proposal mendetail untuk operasi-operasi terselubung. Daftarnya tidak terbatas. Sekarang tidak ada lagi usaha-usaha kotor untuk menyabot intelijen AS.

Tentu saja, para pegawai NSA sadar bahwa data yang tersimpan hanya bisa berguna jika bisa diakses. Kecanggihan bank data itu bukanlah kemampuannya menjaga data rahasia dan umum, tetapi kemampuannya untuk memberi akses hanya kepada orang-orang yang tepat. Semua data yang tersimpan memiliki peringkat keamanan dan hanya bisa diakses oleh petugas pemerintahan yang berkepentingan, tergantung dan tingkat kerahasiaannya. Seorang komandan kapal selam dapat menghubungi bank data dan memeriksa foto satelit NSA terbaru atas pelabuhan-pelabuhan di Rusia, tetapi dia tidak dapat mengakses rencana-rencana misi antinarkoba di Amerika Selatan. Para analis Cl A dapat mengakses sejarah pembunuh-pembunuh yang sudah diketahu identitasnya tetapi tidak dapat mengakses kode untuk meluncurkan roket nuklir yang khusus disediakan untuk Presiden.

Para petugas Sys-Sec, tentu saja, tidak dapat mengakses informasi di bank data. Mereka hanya bertanggung jawab atas keamanannya. Seperti semua bank data besar lainnya—dan perusahaan asuransi sampai ke universitas— fasilitas NSA secara terus-menerus diserang oleh para hacker yang berusaha mengintip rahasia-rahasia yang disimpan di dalamnya. Tetapi para pemrogram keamanan NSA adalah yang terbaik di dunia. Tidak ada yang bisa menyusup ke dalam bank data NSA—dan NSA tidak mempunyai alasan untuk berpikir bahwa ada yang bisa melakukannya.

DI DALAM laboratorium Sys-Sec, Chartrukian berkeringat dingin sambil bertanya-tanya apakah dirinya pulang saja atau tidak. Masalah di dalam TRANSLTR berarti masalah di dalam bank data juga. Ketidakpedulian Strathmore benar-benar membingungkan.

Setiap orang tahu bahwa TRANSLTR dan bank data utama NSA mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Setiap kode baru yang berhasil dipecahkan akan langsung dikirim dan Crypto melalui kabel serat optik sepanjang 450 yard ke bank data NSA untuk disimpan. Fasilitas penyimpanan suci ini hanya memiliki jalan masuk yang terbatas— dan TRANSLTR adalah salah satunya. Gauntlet berfungsi sebagai penjaga pintu yang tidak bisa ditembus. Dan Strathmore telah memotong jalannya.

Chartrukian bisa mendengar suara degup jantungnya sendiri. TRANSLTR telah menghadapi jalan buntu selama delapan belas jam! Terbukti sudah bahwa sebuah virus telah memasuki TRANSLTR dan kemudian menyebar ke lantai bawah NSA. “Aku harus melaporkan hal ini.”

Dalam situasi seperti itu, Chartrukian tahu bahwa hanya ada satu orang yang dapat dihubungi: petugas senior Sys-Sec NSA. Dia seorang ahli komputer yang pemarah dengan berat empat ratus pon. Dialah yang telah menciptakan Gauntlet. Nama panggilannya Jabba. Dia sudah seperti setengah dewa di NSA—berkeliaran di lorong-lorong, menangani masalahmasalah komputer, dan mengutuk mereka yang bodoh dan tidak serius dalam bekerja. Chartrukian tahu, begitu Jabba mendengar bahwa Strathmore telah memotong jalan penyaring Gauntlet, semua isi neraka akan keluar. Sayang sekali, pikir Chartrukian. Tapi aku harus menjalankan tugasku. Dia menyambar pesawat telepon dan memutar nomor telepon seluler Jabba yang siap sedia 24jam.

Categories:   Fiksi

Comments

  • Posted: April 4, 2018 00:52

    pramsky

    mesti gonta ganti kontras
  • Posted: September 13, 2018 09:34

    Ken aguero drako

    banyakin dong. The lost symbol juga. Novel agatha christie juga dong. Semangat.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.