Baca Novel Online

Cinta Di Dalam Gelas

“Ingat! Kita tidak kenal. Bodoh sekali kau itu!” ia mengendap-endap lalu kabur. Sungguh aku lupa bahwa kebijakan spionasenya adalah aku dan ia tidak kenal dan diagram
catur harus dikirimkan melalui Jose Rizal.

Maka, saban sore kutunggu Jose Rizal hinggap di jemuran membawa berlembar- lembar kode permainan Muntaha. Diagram itu lalu kusampaikan pada Nochka. Lambat laun kau mulai menikmati ketegangan dari operasi yang unik dan penuh rahasia ini. Bayangkan, seorang grand master catur perempuan internasional, nun di jantung Eropa, memberi pelajaran catur pada seorang perempuan pendulang timah, di sebuah pulau terpencil antah- berantah, yang bahkan tak tampak di peta. Misinya: membantu perempuan itu menegakkan martabatnya. Inilah solidaritas perempuan. Untuk menambah suasana suspense, pelajaran catur itu ditransfer melalui kode-kode catur nan rahasia yang takkan diketahui orang awan, misalnya 1.Bfd1, Me8 2.a3, Kfe4-3.Gxe7, Mxe7, dan seluruh gerakan bawah tanah tersebut
dilakukan seekor burung merpati dan seorang detektif Melayu swasta—yang kontet.

Kode-kode itu, secara aneh membangunkan anak kecil yang rupanya memang bersembunyi di dalam tubuh setiap orang dewasa. Kerap, kode-kode itu kuanggap bak potongan kunci yang diperlukan Indiana Jones untuk membuka peti harta karun. Kadang, ia seperti sandi rahasia tentara sekutu untuk mengebom instalasi-instalasi vital Nazi. Kadang, ia bagaikan lambang yang akan membimbing piring terbang dari planet lain untuk mendarat di bumi.

Grand Master memberi petuahnya, dan yakin Maryamah bisa mengatasi Muntaha. Namun, nasib sial rupanya merundung kami. Pertandingan akan berlangsung pukul 4 sore, pada pukul 11 siang, panitia mengabarkan bahwa Muntaha tak bisa bertanding. Ia secara mendadak harus berangkat ke Pangkal Pinang untuk alasan dinas. Berdasarkan perhitungan poin dari pool lain, Muntaha akan digantikan oleh Maulidi Djelimat.

Celaka! Maulidi jauh lebih hebat ketimbang Muntaha maupun Syamsuri Abidin. Dia pernah dikirim koordinator Keluarga Berencana untuk kursus catur selam dua minggu di Palembang—yang waktu itu masih menjadi ibu kota provinsi kami. Sekarang dua pulau, Bangka dan Belitong, telah melakukan desersi dari Provinsi Sumatra Selatan. Mengapa koordinator Keluarga Berencana ikut campur dalam hal ini? Aku tak tahu. Siapalah aku ini sehingga tahu segala hal. Kurasa hal-hal seperti itu harus ditanyakan pada penerbit buku.

Detektif M. Nur memang punya diagram permainan Maulidi tapi diagram itu belum dipelajari Nochka. Dari pengalaman melawan Syamsuri Abidin, tanpa analisis Nochka, Maryamah pasti kesulitan.

Kami panik. Satu-satunya cara mengatasi masalah itu adalah segera menghubungi
Grand Master. Namun, angkutan umum ke Tanjong Pandan telah berangkat dini hari. Dan secara sangat aneh, kenalan-kenalan kami yang punya sepeda motor dan mungkin dipinjam,

Categories:   Romantis

Comments

  • Posted: August 26, 2013 13:51

    nurafiah

    Novel yg sarat pngalaman n plajaran berharga..tp kpn bercerita ttg kerjaan ikal sekarang n kisah khidupan pribadix...
  • Posted: December 11, 2013 05:21

    ademilce antibe

    bagaimana sikap pengarang dari pendekatan feminisme tentang novel ini?
  • Posted: December 14, 2016 00:01

    Sapaya

    saya belum baca :)
  • Posted: February 8, 2018 05:13

    alpina panjaitan

    trima kasih atas inspirasinya,, bagi mereka yang terbiasa hidup penuh perjuangan akan membakar api semangat untuk berjuang ,,,dan tak ada yang mustahil jika kita mau bersungguh sungguh untuk mencapai nya, dengan tekat yang kuat... yes. semangat.
  • Posted: July 31, 2018 03:48

    Mufasa Al Ayyubi

    Ngga rela pas bacanya tamat... Rasanya ingin terjebak dalam dunia padang bulan selamanya..!!! T_T

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.