Baca Novel Online

Cinta Di Dalam Gelas

1.c2-c4, e7-e6 2.Kbl-c3, d7-d5 3.d2-d4, Gf8-e7 4.Kgl-f3, Kg8-f6 5.Gcl-g5, h7-h6 6.Gg5-h4, 0-
0 7.e2, b7-b6 8.Bal-c1, Gc8-b7 9.Gfl-e2

Ttd,

M. Nur, Detektif

Aku terbelalak. Itu adalah kode-kode catur Aziz! Sungguh hebat aksi spionase Detektif M. Nur. Aku makin tercengang begitu tahu bahwa kode itu diterbangkan Ratna Mutu Manikam dari Tanjong Pandan ke kampungku, kemudian dioperkan oleh Detektif kepada Jose Rizal sampai akhirnya tiba di tanganku. Seorang preman pasar, dua ekor penyampai pesan lewat udara, dan seorang detektif swasta telah terlibat dalam operasi belalang sembah ini. Aziz Tarmizi sepatutnya berhati-hati.

Kode-kode itu segera kusampaikan pada Nochka. Berkata sang Grand Master:

“Hmm, di sini terjadi peralihan dari pembukaan Inggris ke pembukaan gambit menteri variasi Tartakower. Indikasinya di nomor 8 dan 9 itu. Kelanjutan game itu bisa lebih aktif.”

Tak sehuruf pun kupahami maksudnya.

“Sesuai catatan waktu pada diagram, lawan ini melangkah 18 kali dalam waktu 8 menit. Itu tergesa-gesa. Dia ahli memainkan benteng, tapi pion-pionnya tidak menepati posisi yang baik, dan ia tak dapat menahan godaan menyerah jika melihat celah pertahanan. Sarankan
pada Maryamah untuk memakai pembelaan Petrof.”

Grand Master menyampaikan diagram pembelaan Petrof untuk dipelajari Maryamah, berikut petunjuk detail dalam situasi apa formasi itu dapat dimainkan.

Pulang dari Tanjong Pandan, di dalam bak truk timah, perutku tergelitik dan pikiranku tak lepas dari Detektif M. Nur: kejujuran dan kepolosannya sejak kecil dulu, khayalan-khayalan ajaib di dalam kepalanya, mimpinya untuk melatih merpati posnya agar sepintar tukang pos, peralatan spionasenya yang konyol, dan w ajahnya ketika dimarahi ibunya, bukankah pendapatnya senada dengan pandangan Grand Master? Bahwa sebagai seorang lelaki dan sebagai seorang pecatur, Aziz tak lebih dari orang yang tak tahan godaan! Fakta memang sering lebih aneh ketimbang fiksi.

Beberapa hari menjelang pertandingan, nuansa perseteruan antarpecatur makin memanas. Warung-warung kopi sampai tak mampu menampung pengunjung yang ingin main catur, yang mau pamer kebolehan menggertak calon lawan, yang berlatih untuk pertandingan nanti,
atau sekadar membicarakan pertandingan. Topik yang paling seru tentulah soal Maryamah.

Categories:   Romantis

Comments

  • Posted: August 26, 2013 13:51

    nurafiah

    Novel yg sarat pngalaman n plajaran berharga..tp kpn bercerita ttg kerjaan ikal sekarang n kisah khidupan pribadix...
  • Posted: December 11, 2013 05:21

    ademilce antibe

    bagaimana sikap pengarang dari pendekatan feminisme tentang novel ini?
  • Posted: December 14, 2016 00:01

    Sapaya

    saya belum baca :)
  • Posted: February 8, 2018 05:13

    alpina panjaitan

    trima kasih atas inspirasinya,, bagi mereka yang terbiasa hidup penuh perjuangan akan membakar api semangat untuk berjuang ,,,dan tak ada yang mustahil jika kita mau bersungguh sungguh untuk mencapai nya, dengan tekat yang kuat... yes. semangat.
  • Posted: July 31, 2018 03:48

    Mufasa Al Ayyubi

    Ngga rela pas bacanya tamat... Rasanya ingin terjebak dalam dunia padang bulan selamanya..!!! T_T

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.