Baca Novel Online

Cinta Di Dalam Gelas

Mozaik 10
Setuju

ORANG pertama yang kami—aku dan Selamot temui—setelah pembicaraan dengan Maryamah itu di kios ayam Giok Nio itu adalah Detektif M. Nur. Ketika kami tiba di kantornya, ia sedang melamun sambil memandangi Jose Rizal.
Kami terkejut melihat Detektif berjalan agak terkangkang-kangkang seperti sebuah alat telah dipasang diselangkangannya. Tampak pula garis lebam melingkar di lehernya. Ketika ia bicara, suaranya lucu serupa dakocan. Matanya lebih besar dari biasanya. Aku segera sadar bahwa semua itu pasti ulah Ortoceria! sulit aku menahan diri untuk tidak tertawa membayangkan Detektif tergantung-gantung tak berdaya seperti kualami dulu. Namun, aku berhasil menjaga mulutku. Selamot yang tak tahu-menahu bertanya pada Detektif, yang
dijawabnya dengan menggumam-gumam tak jelas. Yang kudengar hanya seperti ini,
“Pokoknya, jangan pernah percaya pada alat yang baru dicobakan pada monyet! Nges, nges”
Kemudian, dengan tangkas kualihkan pembicaraan pada hal lain. Kutanyakan pada Detektif mengapa tadi ia melamun waktu kami tiba. Wajahnya berubah menjadi senang. Katanya, telah berhari-hari ia memikirkan sebuah pelajaran yang cukup ambisius untuk Jose Rizal. Ia akan melatih merpati Delbar nan cerdik itu agar dapat memberi layanan seumpama layanan pos, yaitu dapat mengirim surat dengan kecepatan kilat khusus, kecepatan perangko biasa, atau surat penting yang memerlukan pengamanan semacam surat catatan.
Ia juga bermaksud melatih Jose Rizal agar dapat mengenali lalu melakukan tindakan jika penerima surat pindah alamat, sedang bepergian, telah meninggal, atau karena alasan tertentu, menolak menerima surat. Alasan tertentu itu contohnya: tak suka pada surat, trauma karena sering menerima surat tagihan atau surat kaleng, tak bisa membaca, atau berpenyakit gila.
Setahuku, semua layanan seperti itu hanya bisa dilaksanakan oleh seorang tukang pos berdasarkan aturan administrasi surat-menyurat. Namun, kuterima saja semua kegilaan itu dengan membayangkan betapa mengerikannya akibat pengangguran yang berkepanjangan
pada kejiwaan seseorang.

Categories:   Romantis

Comments

  • Posted: August 26, 2013 13:51

    nurafiah

    Novel yg sarat pngalaman n plajaran berharga..tp kpn bercerita ttg kerjaan ikal sekarang n kisah khidupan pribadix...
  • Posted: December 11, 2013 05:21

    ademilce antibe

    bagaimana sikap pengarang dari pendekatan feminisme tentang novel ini?
  • Posted: December 14, 2016 00:01

    Sapaya

    saya belum baca :)
  • Posted: February 8, 2018 05:13

    alpina panjaitan

    trima kasih atas inspirasinya,, bagi mereka yang terbiasa hidup penuh perjuangan akan membakar api semangat untuk berjuang ,,,dan tak ada yang mustahil jika kita mau bersungguh sungguh untuk mencapai nya, dengan tekat yang kuat... yes. semangat.
  • Posted: July 31, 2018 03:48

    Mufasa Al Ayyubi

    Ngga rela pas bacanya tamat... Rasanya ingin terjebak dalam dunia padang bulan selamanya..!!! T_T

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.