Baca Novel Online

Cinta Di Dalam Gelas

Menteri Maryamah menghindar. Kuda Overste melenggang ke belakang. Kasat mata tujuannya, yaitu atret untuk mendapat momentum untuk menyerbu. Ia memasang kombinasi serangan dua ekor kuda dan kuda-kuda itu menjelma menjadi belasan ekor anjing pemburu babi hutan yang dilepaskannya untuk memburu seorang gadis kecil.

Perwira Maryamah kocar-kacir dan rajanya menjelma menjadi dirinya sendiri yang berlari pontang-panting menyelamatkan diri. Pendukung Overste bersorak melihat Overste melakukan sekak dan stir bertubi-tubi. Maryamah ketakutan karena telinganya dipenuhi suara salak anjing. Sekak stir dari Overste bak anak-anak panah yang berdesing di dekatnya. Pasangan bentengnya bersatu dengan batalion penyerbu lalu berubah menjadi lelaki-lelaki kejam yang ingin memerkosa dan membunuhnya. Pion-pion Overste menjadi gulma tajam yang menyayatnya saat ia terabas untuk melarikan diri.

Overste menunjukkan kualitas sebagai pecatur kelas atas, finalis dua tahun berturut- turut. Pendukungnya gegap gempita melihatnya mulai memainkan menteri, senjata mautnya. Pendukung Maryamah membisu. Paman bersedih. Ia ingin membela Maryamah, tapi tak ada yang dapat ia lakukan. Maryamah terpojok di tepi papan dan tak bisa lagi melarikan diri kecuali menerjunkan diri ke hulu Sungai Linggang.

Menteri Overste yang memimpin lelaki-lelaki yang ganas dan anjing pemburu babi hutan kian dekat padanya. Maryamah telah berada di pinggir tebing yang curam. Namun, pada detik itu ia memutuskan untuk melawan. Tak seperti ketika ia masih kecil dulu, kali ini ia takkan melompat ke sungai, kali ini ia menolak untuk ditakut-takuti. Ia berbalik dan menghunus parang di pinggangnya. Diangkatnya benteng selatan untuk menyusun pertahanan.

Menteri Overste tinggal selangkah untuk menghabisi raja Maryamah. Perempuan itu menggabungkan benteng utara dengan saudara kembarnya di selatan demi membarikade rajanya. Menteri Overste sampai pada titik tembaknya dan langsung menyekak. Benteng utara serta-merta memblok sekak itu. Ajaib, posisi baru benteng utara, bukan hanya siap menyambar kuda Overste—andaikata kuda itu berani hijrah ke posisi yang diniatkan sang tuan tanah sebagai rencana B atas sekak yang gagal barusan—namun nyata di depan mata, benteng utara telah pula membuka jalan bebas hambatan bagi benteng selatan untuk menghantam secara diagonal keempat penjuru angin. Dan, nun di arah pukul tiga lebih lima menit timur laut sana, berdiri raja Overste, hanya dilindungi sebutir pion. Gemetar.

Pendukung Maryamah melonjak melihat teknik benteng bersusun tingkat adiluhung yang diperlihatkan perempuan pendulang timah itu. Sebaliknya, pendukung Overste terbelalak. Orang-orang yang selama ini selalu menganggap Maryamah melaju karena berjumpa dengan pecatur kelas tiga, seperti kena siram dengan kopi panas mukanya.

Di situ, ya, di situ tuan tanah jahat yang selalu sesumbar masuk final itu, yang berasal dari partai politik yang juga bergelimang kejahatan itu, jelas sedang terancam.

Categories:   Romantis

Comments

  • Posted: August 26, 2013 13:51

    nurafiah

    Novel yg sarat pngalaman n plajaran berharga..tp kpn bercerita ttg kerjaan ikal sekarang n kisah khidupan pribadix...
  • Posted: December 11, 2013 05:21

    ademilce antibe

    bagaimana sikap pengarang dari pendekatan feminisme tentang novel ini?
  • Posted: December 14, 2016 00:01

    Sapaya

    saya belum baca :)
  • Posted: February 8, 2018 05:13

    alpina panjaitan

    trima kasih atas inspirasinya,, bagi mereka yang terbiasa hidup penuh perjuangan akan membakar api semangat untuk berjuang ,,,dan tak ada yang mustahil jika kita mau bersungguh sungguh untuk mencapai nya, dengan tekat yang kuat... yes. semangat.
  • Posted: July 31, 2018 03:48

    Mufasa Al Ayyubi

    Ngga rela pas bacanya tamat... Rasanya ingin terjebak dalam dunia padang bulan selamanya..!!! T_T

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.