Baca Novel Online

Cinta Di Dalam Gelas

Detektif M. Nur mengistilahinya: terobsesi pada kekuasaan.

“Kebiasaannya mengumbar menteri dan benteng itu jangan dicemaskan. Itu hanya
untuk gertak-gertak saja.”

Kapan hari Detektif M. Nur menyebutnya: provokatif dan intimidatif.

“Maryamah harus menyusun pertahanan khasnya. Menyerang dengan kombinasi kuda dan luncus. Jika terancam dengan serius, lawan ini tak punya mentalitas untuk menyerang balik. Ia pasti menawarkan remis.”

Berdasarkan istilah Detektif M. Nur: kompromistis.

Grand Master Ninochka Stronovsky dan Detektif M. Nur: klop.

Saat pertandingan tiba, sekondan Overste mendominasi gedung pertandingan. Hiruk pikuk menjagokan mantan petinggi maskapai itu. Selamot, Detektif M. Nur, dan Preman tampak tegang. Giok Nio tak tenang. Solidaritasnya untuk Maryamah menempatkannya pada posisi dongkol pada Overste. Maryamah melangkah dan menunjukkan sikap yang dingin. Ia tak menunduk pada lawannya seperti selalu ia lakukan. Pertempuran penuh kesumat ini pasti akan berdarah-darah.

Maryamah membuka dengan gambit menteri. Aku tahu, jika ia membuka dengan gambit menteri, perasaannya sedang tak enak. Overste bersikap menantang dengan pembukaan Inggris.

Penonton yang tidak mengetahui hikayat kedua pecatur dan bagaimana nasib telah menggiring seorang pemburu dan buruannya ke atas papan catur mengharapkan sebuah pertandingan dengan menggunakan otak tingkat tinggi, damai, dan imbang. Namun, mereka seta-merta terkejut melihat pendobrakan yang dilakukan Maryamah pada langkah-langkah mula.

Overste mulai celingak-celinguk, mengintip-intip untuk melihat celah menusuk raja Maryamah. Maryamah sama sekali tak terpengaruh akan sikap oportunistis murahan itu. Ia menekuri papan catur. Aku tahu hatinya membara. Overste mulai berada di atas angin. Ia mengangkat luncus dan mengentakkannya dengan keras sembari memekik,

“STIR!”

Provokatif.

“Tak perlu kau hentakan buah catur itu dan tak perlu kau berteriak. Ini kejuaraan resmi, Pak Cik! Bukan main catur di pinggir jalan!” bentak juri. Penilai pertandingan mencatat pelanggaran itu. Sekali lagi begitu, Overste bisa kena kurangi poinnya.

Categories:   Romantis

Comments

  • Posted: August 26, 2013 13:51

    nurafiah

    Novel yg sarat pngalaman n plajaran berharga..tp kpn bercerita ttg kerjaan ikal sekarang n kisah khidupan pribadix...
  • Posted: December 11, 2013 05:21

    ademilce antibe

    bagaimana sikap pengarang dari pendekatan feminisme tentang novel ini?
  • Posted: December 14, 2016 00:01

    Sapaya

    saya belum baca :)
  • Posted: February 8, 2018 05:13

    alpina panjaitan

    trima kasih atas inspirasinya,, bagi mereka yang terbiasa hidup penuh perjuangan akan membakar api semangat untuk berjuang ,,,dan tak ada yang mustahil jika kita mau bersungguh sungguh untuk mencapai nya, dengan tekat yang kuat... yes. semangat.
  • Posted: July 31, 2018 03:48

    Mufasa Al Ayyubi

    Ngga rela pas bacanya tamat... Rasanya ingin terjebak dalam dunia padang bulan selamanya..!!! T_T

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.